Foto Kategori 3 – Tugas Besar Information Retrieval – Keluarga Bahagia

KELUARGA BAHAGIA

KeluargaBahagia_1

KeluargaBahagia_1

Alkisah ada sebuah keluarga, keluarga yang terlihat bahagia tentunya. Keluarga ini beranggotakan 5 orang. Sepasang orang tua yang dikaruniai 3 orang anak, yang kebetulan kembar 3, 1 perempuan dan 2 laki-laki.  Apa iya kembar?

KeluargaBahagia_2

KeluargaBahagia_2

Keluarga ini berencana untuk jalan-jalan ke mall. Akan tetapi, memang benar pepatah tua yang mengatakan “uang bukan segalanya, tapi segalanya butuh uang”. Keadaan keuangan keluarga bahagia ini cukup mengenaskan. Di ATM saldo rekening hanya tersisa Rp. 43.394,86. Ckckckckck.

KeluargaBahagia_3

KeluargaBahagia_3

But, the show must go on. Keluarga ini tetap melanjutkan rencana untuk jalan-jalan. Tetapi di mall, anak-anak menginginkan banyak barang mahal untuk dibeli. Karena keuangan tidak mendukung, orang tuanya pun mencoba memberi pengertian kepada anak-anaknya. Betapa bijaknya.

KeluargaBahagia_4

KeluargaBahagia_4

Karena masih kecil dan polos, anak-anak (terutama yang laki-laki) banyak melakukan hal yang nakal dan usil. Namanya anak-anak, rasa keingintahuannya cukup besar. Mereka terlihat sangat antusias memperhatikan sesuatu. Uuups.

KeluargaBahagia_5

KeluargaBahagia_5

Kelakuan anak-anak tersebut terlihat oleh bapaknya. Beliau segera menghampiri anaknya dan memberi pelajaran kepada mereka. Telinga anak-anaknya pun dijewer sebagai hukuman mereka. Tetapi walupun dijewer, raut wajah anak-anak terlihat gembira. Hhmmm.

KeluargaBahagia_6

KeluargaBahagia_6

Akhirnya setelah bosan mendengar anak-anak mengeluh meminta dibelikan ini itu, kedua orangtuanya pun luluh. Bapak memberikan sejumlah kecil uang kepada anak perempuannya. Ya, hanya kepada anak perempuannya saja. Hal ini membuat anak laki-lakinya cemburu dan ingin mengakhiri hidupnya. Jangan!!

KeluargaBahagia_7

KeluargaBahagia_7

Setelah percobaan bunuh diri gagal, akhirnya kedua anak laki-laki hanya bisa meratapi barang-barang yang ingin dibeli. Mereka terduduk, hanya bisa melihat dari luar toko, dari kejahuan. Untuk melihat saja bagi mereka mungkin sudah cukup. Duh kasihan.

KeluargaBahagia_8

KeluargaBahagia_8

Di tengah-tengah kesedihan yang mendalam, keluarga ini melihat sesuatu yang menarik perhatian kedua anak lelakinya. Sebuah tempat bermain. Kedua anak lelaki terlihat sangat antusias, mereka menari-nari kegirangan dengan kedua tangan diatas. Hore!

KeluargaBahagia_9

KeluargaBahagia_9

Pada awalnya, sang bapak melarang mereka bermain dengan alasan hanya akan membuang-buang uang. Bermain gundu dan boneka saja sudah cukup untuk anak-anaknya, begitu pikir bapaknya. Akan tetapi, hati bapaknya luluh juga. Jarang-jarang mereka bisa pergi ke mall. Asyik!

KeluargaBahagia_10

KeluargaBahagia_10

Setelah selesai bermain dan melihat-lihat (saja), keluarga ini pun pulang menuju rumahnya.  Mereka pulang dengan senyum diwajahnya. Tidak ada setitik kesedihan pun yang terlihat. Karena itulah keluarga ini disebut keluarga bahagia. Gak ada uang yang penting ngumpul. Ooooo.

Foto Kategori 2 – Tugas Besar Information Retrieval – Pusing-Pusing TA

PUSING-PUSING TA

PusingPusingTA_1

PusingPusingTA_1

Alkisah  ada 5 mahasiswa yang sedang duduk-duduk di dalam ruang kelas. Terlihat dari raut wajah mereka rasa kebingungan yang sangat hebat. Mereka sedang berpikir keras mencari ide untuk topik TA. Apakah topik mereka mengenai Information Retrieval? heh?

PusingPusingTA_2

PusingPusingTA_2

Berpikir dan berpikir, akhirnya ada salah satu dari mereka mengacungkan jarinya tinggi-tinggi.  Dia mengutarakan sebuah ide cemerlang nan bombastis, yaitu mencari referensi ide di sebuah tempat yang dinamakan Learning Center (LC). Nice idea!!

PusingPusingTA_3

PusingPusingTA_3

Sesampainya di LC, tepat di dekat pintu masuk, ada seorang dari mereka yang memegang dan mengelus-elus perutnya. Mimik wajahnya menunjukan rasa yang sangat-sangat kesakitan. Dan ternyata dia sakit perut ingin buang air besar, nyeuri beuteung euy!!

PusingPusingTA_4

PusingPusingTA_4

Mahasiswa ini pun melancarkan aksinya. (Sebenarnya kelompok kami ingin menunjukkan “bug” di LC, yaitu kaca yang tembus pandang dan dapat dilihat dari luar. Tetapi saat kami mengambil gambar ini “bug” ini telah diperbaiki ^^!)

PusingPusingTA_5

PusingPusingTA_5

Setelah “selesai”, perjalanan mencari ide pun dilanjutkan. Pada saat ingin menaiki lift  terdapat pemberitahuan mengenai efisiensi penggunaan lift. Pemberitahuaan ini membuat dilema diantara mereka. Naik lift? Atau  naik tangga?

PusingPusingTA_6

PusingPusingTA_6

Akhirnya mereka memilih jalannya masing-masing. Dua mahasiswa wanita memutuskan untuk menaiki tangga, 3 pria menaiki lift. Mahasiswa wanita beranggapan bahwa bila naik tangga dapat menurunkan berat badan. Wajar, hampir setiap wanita yang menginginkan tubuh yang langsing. Hehehe.

PusingPusingTA_7

PusingPusingTA_7

Mereka berlima akhirnya bertemu di lantai 2. Akan tetapi, hal yang cukup mengejutkan menimpa mereka. Penjaga pintu LC menghadang mereka dan melarang mereka masuk. Kenapa? Ternyata pada saat itu karyawan-karyawan LC sedang keluar main. Huh.

PusingPusingTA_8

PusingPusingTA_8

Mereka pun kecewa, tertunduk lesu. Dengan raut wajah penuh kehampaan mereka berjalan pulang. Berjalan, berjalan , dan berjalan terus untuk mencari ide. Ide untuk jembatan menuju masa depan yang cerah dan gemilang. Ganbatte!!

PusingPusingTA_9

PusingPusingTA_9

Di langkah penuh kehampaan itulah, sebuah harapan muncul. Seorang mahasiswa melangkahkan kakinya di atas sesuatu yang mungkin menjadi harapan. Teman-temannya pun mencegah agar sesuatu itu tidak terpijak. Apakah sesuatu itu?

PusingPusingTA_10

PusingPusingTA_10

Ternyata, eh ternyata, sesuatu itu adalah sebuah TA yang tergeletak di lantai. TA yang kebetulan bertemakan Information Retrieval ini pun dijadikan ide untuk topik TA mereka. Akhirnya mereka dapat pulang dengan wajah sumringah. Happily ever after!!

Foto Kategori 1 – Tugas Besar Information Retrieval – Liburan

113060122

113060122_1

113060122_1

Pantai Popoh yang terletak di bagian selatan Jawa Timur memiliki ombak putih yang bergulung-gulung berkekuatan tinggi untuk menghantam pasir-pasir pantai, sehingga mampu menarik penikmat pantai untuk membaur dengannya termasuk  pasir-pasir.

113060122_2

113060122_2

Suasana pantai Popoh di kala siang hari sangatlah terik  meski dikelilingi gunung-gunung terlihat pula kondisi pasir pantai yang kotor dan berbagai jenis sandal tertata di atas pasir. Air pantai sangat tenang.

113060122_3

113060122_3

Keluarga penikmat pantai mengunakan waktunya untuk menceburkan diri mereka dengan air laut lengkap dengan menikmati deburan ombak yang bergulung-gulung sangat kencang. Terlihat salah satu ombak dari kejauhan akan menyerang keluarga ini.

113060122_4

113060122_4

Ombak pantai Popoh mulai menarik salah satu penikmat pantai untuk di bawanya ke deburan air laut, terlihat rekannya berusaha akan membantu. Gambar ini mampu menginformasikan  salah satu aktifitas pengunjung pantai.

113060122_5

113060122_5

Pasir-pasir pantai yang bewarna coklat diambil pada pukul dua siang, sangat pas digunakan untuk menikmati alam sekitar panati. Dari gambar ini terlihat 3 anak kecil memandang alam laut sambil melepas lelah.

———

113060139

113060139_1

113060139_1

Hewan ini adalah seekor hamster betina dengan nama Hemy. Sudah sekitar 4 bulan berada di rumahku. Pada awalnya Hemy mempunyai tiga ekor teman. Akan tetapi nasib berkata lain, ketiga temannya sudah mendahului Hemy.

113060139_2

113060139_2

Foto ini diambil di Jalan Grogol, Jakarta. Pada foto terlihat jalanan yang sepi, hanya ada beberapa kendaraan yang lalu lalang. Padahal pada jam-jam pagi, jalanan daerah Grogol biasanya ramai dengan kendaraan lalu lalang. Hal yang sangat jarang terjadi.

113060139_3

113060139_3

Ada figur seorang bapak yang sedang berjalan meyusuri jembatan penyeberangan. Beliau berjalan dengan tas tertenteng di tangan kanannya. Terlihat lunglai, namun tersirat semangat dan kemauan untuk terus melangkah. Beban itu tetap ia pegang dengn kuat.

113060139_4

113060139_4

Patung Dirgantara atau sering disebut Patung Pancoran. Ada isu yang meyebutkan kalau Patung Pancoran menunjuk ke arah dimana presiden Soekarno menyembunyikan harta karunnya. Nilainya dipercaya bisa digunakan untuk melunasi hutang Negara.

113060139_5

113060139_5

Ia biasa dipanggil Nea. Wajahnya imut dan menggemaskan. Tingkahnya lucu dan terkadang membuat mereka yang melihatnya tertawa. Ia akan selalu melemparkan senyum kepada orang yang menyapanya. Ia adalah keponakanku.

———

113060144

113060144_1

113060144_1

Saya baru tahu, Indonesia juga punya vending machine, tapi lucu deh..bayarnya pake uang kertas..mesinnya harus pinter baca uang kertas, di information retrieval ada metode buat ngebaca uang kertas ga ya?

113060144_2

113060144_2

Monumen ini mirip segitiga bermuda ga? Tapi segitiga bermuda gimana ya bentuknya?Kali ini sih posenya didepan monumen ini, lain kali harus bener-bener di depan segitiga bermuda nih, bisa jadi informasi yang mengagumkan tuh.

113060144_3

113060144_3

Ayo tebak,bangunan ini berbentuk apa?bangunan ini merupakan perpustakaan propinsi Riau, disini setiap warga, mulai dari anak-anak hingga lanjut usia sekalipun bisa mencari berbagai informasi yang dibutuhkan, termasuk jika ingin mencari referensi mata kuliah information retrieval.

113060144_4

113060144_4

Kayaknya tinggian saya deh dari mesjidnya. Ini merupakan mesjid raya yang memiliki taman yang sangaaat luas, mesjid ini memiliki multifungsi, selain untuk beribadah, dihalamannya kita bisa melakukan berbagai macam aktivitas, bisa jogging, atau sekedar duduk-duduk membaca buku information retrieval.

113060144_5

113060144_5

Ada payung ditengah jalan. Sebenarnya ini melambangkan kultur melayu , bisa dilihat dari ukiran dengan warna dominan kuning. Namun yang membuat saya terheran-heran, kenapa tugu ini terletak ditengah jalan. Saya tidak tahu apa makna dibalik tugu ini.

———

113060146

113060146_1

113060146_1

Ini adalah salah satu bangunan yang terdapat di kota Pekanbaru (Provinsi Riau). Jika dilihat dengan seksama, bangunan ini berbentuk sebuah buku yang terbuka. Arsitektur bangunan ini membuat bentuk bangunan sedemikikian rupa karena ini adalah perpustakaan provinsi Riau.

113060146_2

113060146_2

Seorang bayi yang cantik dan lucu. Tentunya kita semua berharap agar si Bayi yang lahir pada bulan Maret 2009 ini dapat menjadi seorang bayi yang berguna bagi dirinya, kedua orang tuanya, dan orang-orang yang ada disekitarnya. Amiin…

113060146_3

113060146_3

Wah, jadi ingat. Photo ini diambil pada saat hari raya Idul Fitri 1423 H. Ketika saya dan teman-teman SMA berlebaran, saya duduk di bagasi mobil dikarenakan ada tambahan orang yang tiba-tiba ikut. Sedihnya diriku.

113060146_4

113060146_4

Ini adalah vending machine di Indonesia yang pertama yang saya lihat. Vending machine ini terdapat di terminal 3 Bandara Soekarno Hatta. Vending machine ini menggunakan uang kertas dengan syarat uangnya tidak boleh lecek.

113060146_5

113060146_5

Pada saat mudik lebaran 1423 H, saya yang berangkat naik pesawat jam 6 pagi telah tiba di bandara 2 jam sebelumnya. Dari pada bosan menunggu pesawat take off, saya photo-photo di ruang tunggu untuk persiapan tugas Information Retrieval.

———

113060181

113060181_1

113060181_1

Di Jumat subuh itu, saya sudah sampai di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta. Saya sampai jam 3 subuh, sedangkan pesawat berangkat jam 6 pagi. Karena saya belum terbiasa dengan terminal baru itu, saya hanya bisa terdiam menunggu naik pesawat.

113060181_2

113060181_2

Di Terminal 3, saya menemukan sesuatu yang baru, yaitu vending machine. Vending machine itu mungkin yang terbaru di Soekarno-Hatta, karena saya tidak melihatnya di Terminal 1.  Namun saya belum memeriksa Terminal 2, mungkin saja mesin itu ada di sana.

113060181_3

113060181_3

Lama menunggu, akhirnya para penumpang siap untuk diberangkatkan dengan pesawat. Namun, karena lokasi parkir pesawat jauh dari pintu ruang tunggu, para penumpang dibawa ke pesawat dengan menggunakan bus shuttle. Bus itu kecil, jadi banyak penumpang yang terpaksa berdiri.

113060181_4

113060181_4

Di mesin pesawat, terlihat slogan berlatar belakang merah menyala yang sedang dipromosikan pihak maskapai penerbangan, yaitu Go Holiday. Ya, ini akan menjadi liburan yang menyenangkan, bersama keluarga tercinta di rumah.

113060181_5

113060181_5

Akhirnya para penumpang bisa menaiki pesawat. Saya dapat kursi paling belakang, jadi naiknya pun lewat pintu belakang biar lebih cepat. Ternyata di pesawat itu ada bule juga. Saya bertanya-tanya, apa yang dicari bule itu di kota tujuan saya, Pekanbaru?